Ketua Dewan Syuro GPI SBT, Lewat Isra' Dan Mi' Raj Kita Tingkatkan Keimana dan Taqwah Kepada Allah

Ketua Dewan Syuro GPI SBT, Ustad Moksen Maju, S.Ag saat memberikan hikmah Isra' dan mi'raj Nabi Muhammad SAW.


GPISLAM.COM, BULA - Muslimah Gerakan Pemuda Islam (GPI) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT)  memperingati Isra mi'raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1442 H di Aula KPU Bula, Kamis, (11/3/2021).

Kegiatan yang digelar ini sebagai bentuk mengenang kisah perjalanan suci Nabi Muhammad Saw menembus langit ketujuh atau Sidratul Muntaha dalam semalam dengan menunggangi Buroq sebagaimana yang diabadikan dalam Alquran surat Al Isra'

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْر.

(Q.S Al-Isra' : 1)

Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Sehubungan dengan kisa perjalanan suci ini, Muslimah GPI SBT menggelar kegiatan untuk memperingati peristiwa isra mi'raj dengan tema "Iplementasi Hijrah Rasul Dalam Kehidupan Manusia Di Era Melinial"

Acara dihadiri oleh wakil ketua PK-PKK Kab SBT, ketua Dharma Wanita Kab SBT, Ketua Persatuan Istri Anggota Dewan SBT, Ketua Bhayangkari Porles SBT, Ketua Persit Ranting Koramil 1502-09/Bula, Ketua Fatayat NU SBT, Ketua Korda Pulau Seram GPI Maluku, Pimpinan Daerah GPI, Pimpinan Cabang Se- Kab SBT, Pimpinan Ranting Se- Kab SBT, dan diikuti oleh para tamu undangan, dari Ketua DPD KNPI SBT, OKP-OKPI Se-SBT dan BEM Se- KAB SBT.

Diantara rangkaian acara peringatan isra mi'raj nabi Muhammad SAW ini adalah  disusun berdasarkan rangkaian acara kegiatan pembukaan dari pembacaan Al-Qur'an oleh kader GPI Uhty Karmila Rumasukun yang laporan ketua panitia, dan sambutan ketua muslimah GPI SBT.

Ketua Muslimah Nur Annisa Lessy dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan positif dari kegiatan ini adalah memotivasi umat Islam untuk dapat menjadi tauladan yang baik dari Rasulullah SAW dalam mematuhi perintah Allah SWT dengan ketentuannya serta dapat menerapakan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

"bahwa hari ini kita memperingati peristiwa suci Isra mi'raj Nabi Muhammad Saw, semoga kita bisa meneladani segala yang datang dari nabi Muhammad Saw, hendak mulai dari sekarang kita selalu berada pada jalan nabi Muhammad Saw dan lebih mengutamakan nya dibandingkan dengan yang lainnya, kata Nissa.

Selanjutnya kegiatan juga diisi dengan tausiyah oleh Al ustadz Moksen Mahu S, Ag, selaku kepala kamenag Seram Bagian Timur

Dalam tausiyahnya ia menerangkan pentingnya Memperingati isra mi'raj Nabi Muhammad SAW supaya kita lebih kenal dan cinta kepada Nabi Muhammad Saw, tanda-tanda kita cinta dan kenal adalah kita kenal Nabi dari sejarahnya dan apa-apa yang ditinggalkan Nabi SAW untuk umatnya, dengan apa yang ditinggalkan Nabi untuk umat nya tersebut kita dapat mengetahui kepribadian Nabi Muhammad Saw tersebut.

"Untuk dapat kita mencontoh dan meneladani akhlak nabi Muhammad Saw. Kita mencontoh akhlak nabi Muhammad Saw paling tidak dengan menerapkan empat sifat nabi Muhammad SAW, yakninya; Shidik, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Jelasnya.

Ia juga mengatakan tujuan memperingati isra mi'raj nabi Muhammad SAW agar dapat menjadi motivasi dalam mempraktekan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

"supaya kita bersemangat dalam menjalankan dan menyiarkan ajaran agama nabi Muhammad SAW. terutama sekali dalam menjalankan syariat agama Islam, seperti shalat 5 waktu, puasa dan segala kebaikan yang dianjurkan dalam ajaran Islam". Jelasnya.

"Selaku Plt Kepala Kantor Kementerian Agama, saya mengucapkan terimakasih kepada Muslimah Gerakan Pemuda Islam SBT yang suda melaksanakan kegiatan untuk memperingati Isra mi'raj nabi Muhammad SAW ini". Tutup Ustadz.

Dari rangkaian acara peringatan isra mi'raj nabi Muhammad SAW ini ditutup dengan doa bersama oleh Ketua Lembaga Dakwah  GPI Bakri Siwa Siwan, S. Pd.

Diakhir pembacaan doa peringatan isra mi'raj nabi Muhammad Saw, acara ini juga ditampilkan berbagai kegiatan seperti qasida, pidato dan puisi oleh kader-kader muslimah GPI SBT. (A'R).

Posting Komentar

0 Komentar